Cara Membuat RPP Adaptif Dalam Masa New Normal

Cara Membuat RPP Adaptif Dalam Masa New Normal

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah Dasar (Satu Halaman) Terbaru Tahun 2020-Seperti telah kami ketahui bersama dengan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat RPP merupakan keliru satu komponen administrasi pembelajaran yang harus dimiliki guru. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap wajah untuk satu pertemuan atau lebih.

Sejatinya, RPP memuat begitu banyak komponen seperti yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 berkenaan Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan semua komponen (13 Komponen) selanjutnya harus ada dalam penyusunan RPP. RPP dikembangkan dari silabus bersama dengan tujuan mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam usaha raih Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan

Namun, Mendikbud Nadiem Makarim mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 berkenaan Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang punya tujuan untuk menyederhanakn RPP supaya para guru tidak menghabiskan banyak kala untuk mengerjakan administrasi pendidikan diantaranya menulis RPP.

Tentu saja penyederhanaan RPP yang dimaksud Mendikbud adalah selamanya berorientasi terhadap peserta didik bersama dengan perhitungkan komitmen efisien, efektif. Efisien bermakna RPP yang ditulis harus pas serta tidak banyak menghabiskan banyak kala dan tenaga. Efektif bermakna penulisan RPP dilakukan untuk raih tujuan pembelajaran. Sedangkan berorientasi terhadap Peserta Didik bermakna penulisan RPP dilakukan bersama dengan perhitungkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan studi peserta didik di kelas rpp kurikulum merdeka .

Melalui penyederhanaan RPP ini, maka guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan pakai RPP cocok bersama dengan komitmen efisien, efektif, dan berorientasi terhadap peserta didik. Guru Hanya harus menuliskan RPP bersama dengan tiga komponen utama  yaitu tujuan pembelajaran, beberapa langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran, sedangkan komponen lainnya berupa sebagai pelengkap.

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis bersama dengan merujuk terhadap Kurikulum 2013 dan kebutuhan studi peserta didik.Tujuan pembelajaran menggambarkan sistem dan hasil studi yang diharapkan dicapai oleh siswa cocok bersama dengan kompetensi dasar.Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

2. Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung raih Kompetensi Dasar.Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran selamanya dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik. Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, beri tambahan area yang lumayan bagi kreativitas, dan kemandirian cocok bersama dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

BACA JUGA

Contoh RPP materi Persegi, Persegi Panjang Dan Segitiga SD Kelas IV Semester Genap

3. Penilaian Pembelajaran

Prosedur penilaian pembelajaran terhitung dibuat secara simpel bersama dengan selamanya menyimak indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.Dengan terdapatnya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat saja dibuat hanya satu halaman, sebab penyederhaan RPP tidak butuh syarat-syarat jumlah halaman. Guru yang telah memicu RPP bersama dengan format yang mengacu terhadap Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 berkenaan Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah selamanya dapat pakai format RPP yang telah dibuat sebelumnya.

Berikut ini adalah semisal RRencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah Dasar (Satu Halaman) Terbaru Tahun 2020 berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 th. 2019. Bapak/Ibu Guru dapat mengembangkan sendiri RPP satu lembar selanjutnya bersama dengan berpedoman terhadap prinsip-prinsip pengembangan RPP terbaru, yaitu efektif, efisien, dan berorientasi terhadap peserta didik. Contohnya dapat diperoleh melalui link2 selanjutnya ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara-Cara Merawat Bahan Kulit Yang Wajib Kamu Ketahui!

Panduan Langkah demi Langkah untuk Memulai Terapi Mata Ortho-K

Nutrisi Lengkap dan Seimbang, Kunci Agar Tetap Sehat Selama Hamil